Profil Singkat

By Admin Bawaslu 29 Nov 2019, 12:36:34 WIB

PROFIL SINGKAT PPID

Keterbukaan Informasi Publik dalam penyelenggaraan pemilu sekarang ini bukan sekedar sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh penyelenggara pemilu akan tetapi telah menjadi sebuah kebutuhan. Keterbukaan Informasi didalam menjadi salah satu hal pokok indikator penyelenggaraan pemilu yang jujur dan demokratis, serta merupakan hak asasi manusia, yaitu hak untuk tahu (right to know). Dalam konteks pelaksanaan tahapan pemilu, keterbukaan informasi menjadi sebuah hal penting untuk diperhatikan sebagai salah satu elemen utama pendukung keberhasilan penyelenggara pemilu.

Melalui keterbukaan informasi, diharapkan dapat ikut mendorong terwujudnya penyelenggaraan pengawasan pemilu yang baik yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

Berlatar belakang hal tersebut serta dalam rangka memberikan pelayanan informasi publik sebagaimana diamanatkan Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik, Badan Pengawas Pemilihan Umum telah menetapkan Perbawslu No. 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Badan Pengawas Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kab/Kota, dan Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri PPID bertanggungjawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Badan Publik. Sebagaimana yang diwajibkan, Bawaslu pada awal 2018 Bawaslu juga menetapkan Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Bawaslu Tahun 2018  melalui keputusan Ketua Bawaslu Nomor 002/K.Bawaslu/HM.00/I/2018, menggantikan keputusan Ketua Bawaslu Nomor 1237/K.Bawaslu/HM.00/VII/2017 tentang pembentukan PPID Bawaslu Tahun 2017 serta keputusan Koordinator Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Makassar Nomor : 0213/SN.22/HK.01.00/11/2019 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Makassar Tahun 2019