Rapat Koordinasi Pengawasan Pilkada Tahun 2020
Humas Bawaslu Kota Makassar

Admin Bawaslu 14 Nov 2020, 21:46:53 WIB
Rapat Koordinasi Pengawasan Pilkada Tahun 2020

Jakarta - Rapat Koordinasi pengawasan pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 bertempat di Hotel Novotel Mangga dua Square Jakarta pada tanggal 13-15 Nopember 2020 yg dilaksanakan dalam 3 gelombang untuk semua Propinsi, kabupaten/kota yang melaksanakan pemilihan Kepala Daerah.

Bawaslu Makassar yang diwakili oleh Abdillah Mustari, didampingi staf Bawaslu Makassar M.Aris Akin.

Afifuddin kordiv Pengawasan dan Hubungan antar lembaga Bawaslu RI, dalam amanahnya menyampaikan bahwa pada tanggal 22 Nopember yang akan datang adalah jadwal kampanye melalui media.  

Beliau mengapresiasi Bawaslu Kabupaten/Kota dalam melakukan pengawasan media dan dibuktikan dengan rekomendasi Dewan Pers terhadap beberapa media pers yang ditengarai melakukan pelanggaran jadwal kampanye melalui media.

Arah kebijakan pengawas itu melalui proses pencegahan, klarifikasi dan prosedur penindakan yang dalam proses-proses nya merupakan wujud pembersihan tahapan-tahapan pemilihan.

Pak kordiv juga mengingatkan untuk melakukan sinergitas dengan KPU dan lembaga-lembaga berkompeten disetiap tahapan.

5 program Bawaslu yang menjadi perhatian lembaga tinggi negara saat ini; yaitu penataan sistem kepegawaian Bawaslu kabupaten/kota,  pemanfaatan aset negara oleh Bawaslu, data IKP, riset-riset Bawaslu dan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengawasan dan pendidikan politik melalui SKPP Daring.

Kelima program ini diapresiasi oleh komisi II DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat. Bahkan data-data ini menjadi sumber data dalam penentuan kebijakan nasional sekaligus bertanda kontribusi Bawaslu tidak dapat dianggap mudah.

"Ekspektasi masyarakat terhadap Bawaslu sangatlah tinggi, maka diharapkan personil Bawaslu mempersiapkan diri secara jasmani dan mental untuk memenuhi harapan masyarakat tersebut". Tutup Afifuddin.

Penulis : Abdillah Mustari




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment